Volume 3. Produk Lokal Tampil dengan Konsep Green Marketing

Oleh: Ilyas H. Husain . 6 Desember 2020 . 10:29:03

Hadirnya revolusi industri yang diikuti oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi serta informasi telah memberikan pengaruh positif dan negatif serta suasana baru yang kompleks diberbagai aspek kehidupan manusia. Disadari bahwa munculnya temuan-temuan baik mesin-mesin, peralatan-peralatan, dan aplikasi-aplikasi, telah memberikan kemudahan yang sangat besar bagi individu maupun organisasi dalam menjalankan aktivitas usaha. Namun demikian, perkembangan tersebut memunculkan sejumlah konsekuensi yang berakibat pada perubahan perilaku individu dan kelompok, dan terancamnya keberlanjutan sumberdaya-sumberdaya alam dan lingkungan hidup, yang disebabkan oleh ketamakan dan keserakahan.

Hadirnya konsep pemasaran hijau (green marketing), yang menggambarkan suatu kajian pemasaran yang berwawasan lingkungan, merupakan sebuah upaya yang diharapkan menjadi bahan pertimbangan dan solusi terhadap kekurangpekaan konsep pemasaran sebelumnya yang hanya berfokus pada oriented profit tanpa melihat masalah people dan planet.

Melihat permasalahan tersebut, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo ambil bagian dalam Upaya memberikan suatu motivasi terhadap mahasiswa untuk ambil bagian pada konsep green marketing, lewat vorum kajian ilmiah biologi volume 3. Dengan mengangkat tema kajian yakni, “ Produk Lokal Tampil Melalui Konsep Green Marketing”

Pada kegiatan kali ini dilaksanakan secara virtual diikuti 519 peserta yang tersebar mulai dari bagian barat sampai timur bagian timur Indonesia. Ketua Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo yang dalam hal ini diwakili Oleh sekertaris Jurusan Bpk. Syam S. Kumaji, S.Pd.,M.Kes., dalam sambutannya, menyatakan sangat mengapresiasi dan mensuport kegiatan ini dengan harapan dapat menyentuh seluruh lapisan mahasiswa yang punya kemauan untuk terjun kedunia usaha, tema yang diangkat pada kegiatan kali ini juga merupakan salah satu profil lulusan sebagai seorang bioenterpreneur baik dari pendidikan biologi maupun dari prodi biologi itu sendiri ungkap beliau”

Hal senada juga disampaikan lewat sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Bpk Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd. : Sangat mengapresiasi dan mensuport kegiatan pada lingkungan jurusan di FMIPA, hal ini merupakan visi fakultas dalam mengembangkan minat pada bidang kemahasiswaan yang teknoenterpreneur, harapan selanjutnya lewat kegiatan ini mampu menambah wawasan mahasiswa terkait produk local dan lebih mencintai produk local gorontalo.

Vorum Kajian Ilmiah Biologi Volume 3 kali ini menghadirkan 3 Narasumber yang kredibel dibidang kewirausahaan yakni Narasumber pertama ibu Debra Maria Rumpesak, CHt, CH, CBA, CHA, CTNNLP. Yang merupakan Entrepreneur, Bussiness Coach, Mentor for UKM dan Mba Zahra Maryam Ashri merupakan Entrepreneur, Founder of House Beauty, Co-Founder Untuk Bumi, dan selanjutnya narasumber ke 3 yang merupakan alumni prodi biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo Zamaludin Modanggu (Co-Founder & CMO of Sore.Drink Founder of Bicara.Toast. kegiatan yang dimualai pukul 10.00 sampai dengan 12.00 berjalan dengan baik dan diikuti oleh seluruh peserta dengan beberapa pertanyaan yang telah didiskusikan bersama, hal menarik lainnya di sesi terakhir kegiatan ini narasumber membagikan beberapa dorprize sebagai bentuk apresiasi dan support terhadap kegiatan kali ini.sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan ini, terbentuk kelompok mahasiswa yang secara khusus mendapat coacing secara privat Oleh Narasumber pertama ibu Debra Maria Rumpesak, CHt, CH, CBA, CHA, CTNNLP untuk menggali Goal dan strategi pencapaian Green Marketing.

Agenda

16 Agustus 2021

PKKMB JURUSAN BIOLOGI

Membangung Generasi Scientist yang berjiwa aktif dan produktif dimasa Pandemi

21 Juli 2021

Pembekalan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

Meningkatkan Kompetensi Hard Skill Lulusan

3 Juli 2021

WEBINAR BIOLOGI

Seminar Nasional "Sektor Energi dan Konservasi Jasa Lingkungan di Kabupaten Banggai dalam Pengembangan Kawasan Teluk Tomini"

29 Juni 2021

Workshop Kurikulum

Pengembangan Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNG yang mendukung program kerja sama kurkulum implementasi MBKM