Bio-Expo 2019

Oleh: Ilyas H. Husain . 23 Desember 2019 . 09:00:00

  

Seiring dengan bertambahnya usia Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi yang telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan, maka dengan ini kami HMPS Biologi mengadakan kegiatan Dies Natalis dengan tema “Dies Natalis Moment on Duty Biology Day 2019 (DIAMOND)”. Kegiatan ini perlu diperingati sebagai inspirasi dalam mengembangkan segala potensi baik akademik maupun non akademik dan hendaknya menjadi ajang motivasi demi kemajuan HMPS Biologi ke depannya. Peringatan Dies Natalis dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan, karena itu biasanya dirayakan dengan penuh syukur dan kebahagiaan. Dies Natais mempunyai makna penting sebagai penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya.

Selain memperingati hari terbentuknya HMPS Biologi, kegiatan ini juga dilaksanakan dengan kegiatan BIO-EXPO yang merupakan kegiatan tahunan HMPS Biologi yang sering diadakan di akhir tahun. Kegiatan Expo memiliki peran dan fungsi dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penilaian dan apresiasi produk atau seni yang dipamerkan atau diperjual belikan. Adapun tujuan kegiatan Expo yaitu untuk menumbuhkan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, menjadi wadah pengembangan kreativitas wirausaha mahasiswa sebagai calon pengusaha masa depan dan membangun jaringan atau promosi produk wirausaha mahasiswa.

 

Tidak hanya Expo, Kegiatan Dies Natalis HMPS Biologi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaktualisasikan kemampuan yang dimiliki dalam berbagai lomba yang akan diadakan seperti Singing competition, Macrophone photograph. Lomba-lomba in diharapkan dapat menjaring minat bakat dari mahasiswa serta meningkatkan rasa soldaritas antara mahasiswa yang ada di lingkungan Jurusan Biologi maupun Jurusan lainnya.

Kegiatan ini bernama “BIO-EXPO 2019” Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi dengan Tema: “Dies Natalis Moment on Duty Biology Day 2019 (DIAMOND)”.

Kegiatan Dies Natalis HMPS BIOLOGI melaksanakan tiga kegiatan, yaitu :1. Kegiatan EXPO mahasiswa dengan topik kegiatan “Bioenterpeneur”2. Kegiatan lomba meliputi lomba macrophone photograph, singing competition, puisi3. Kegiatan penutupan untuk acara puncak dengan topik “Accoustik Live”.

Kegiatan Dies Natalis HMPS Biologi dilaksanakan bersama kegiatan Bio-Expo oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi UNG dilakukan dengan menggunakan Visi berkaitan erat dengan mind set (pola pikir), serta gagasan atau ide. Mind set seorang enterpreneur haruslah terbentuk terlebih dahulu sebelum melangkah Pola pikir itu akan sangat mempengaruhi proses dan hasil yang akan dicapainya kelak. Pola pikir merubah gagasan/ide menjadi sesuatu yang nyata. Diperlukan suatu kemampuan inovatif bagi seorang enterpreneur, untuk menterjemahkan gagasan/ide yang dimilikinya menjadi sesuatu yang nyata. Dalam konteks ini, pakar manajemen modern Peter F. Drucker, mengatakan, “Innovation is the specific instrument of entrepreneurship”. Inovasi merupakan instrumen khusus kewirausahaan. Hal yang paling mendasar dari hakikat kewirausahaan adalah inovasi. Melalui gagasan diatas Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi (HMPS) Biologi melaksanakan kegiatan EXPO yang berhubungan dengan kewirausahaan mahasiswa untuk mencapai visi Entrepreneurship. Selain itu, kegiatan tersebut juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengekspresikan dirinya dalam berbagai lomba antara lain macrophone photograph, singing competition, puisi.

Output Kegiatan

  1. Memberikan motivasi lebih pada mahasiswa untuk berani berwirausaha, sehingga mahasiswa tersebut menyadari akan pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia.
  2. Membangun kerja sama antara HMPS Biologi dengan prodi maupun jurusan lainnya.

 

Agenda

16 Agustus 2021

PKKMB JURUSAN BIOLOGI

Membangung Generasi Scientist yang berjiwa aktif dan produktif dimasa Pandemi

21 Juli 2021

Pembekalan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

Meningkatkan Kompetensi Hard Skill Lulusan

3 Juli 2021

WEBINAR BIOLOGI

Seminar Nasional "Sektor Energi dan Konservasi Jasa Lingkungan di Kabupaten Banggai dalam Pengembangan Kawasan Teluk Tomini"

29 Juni 2021

Workshop Kurikulum

Pengembangan Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNG yang mendukung program kerja sama kurkulum implementasi MBKM