HMJ-Bio FMIPA Universitas Negeri Gorontalo Gelar Kegiatan Diksarlap Periode 2020

Oleh: Ilyas H. Husain . 10 Januari 2020 . 02:00:00

 

Biologi sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang termasuk dalam ilmu dasar sains, telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dalam bidang tumbuhan, hewan, maupun manusia serta lingkungannya. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa upaya yang terstruktur dan kontinyu oleh seluruh komponen yang ada di Jurusan Biologi sehingga terjadi pengembangan wawasan keilmuwan, keterampilan baik dosen-dosen maupun mahasiswa yang sejalan dengan kebutuhan lingkungan. Pengembangan daya nalar mahasiswa tidak hanya terfokus pada penanaman teori semata tetapi juga perlu dibekali dengan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh langsung dari lingkungan sekitarnya maupun lingkungan lain yang lebih luas.

Untuk melaksanakan seluruh upaya tersebut seringkali mahasiswa baru terbentur dengan ketidak seragaman pemahaman awal sebagai dasar untuk mengikuti berbagai mata kuliah yang harus diselesaikan terutama mata kuliah yang berkaitan dengan praktikum di alam sebagai laboratorium makro bagi seluruh mahasiswa di Jurusan Biologi.

 

Oleh karena itu perlu adanya upaya pengenalan lingkungan laboratorium alam tersebut kepada seluruh mahasiswa semester 1 agar mereka terbiasa dengan lingkungan yang akan mereka hadapi dalam berbagai kegiatan perkuliahan di lapangan.Selain itu saat pelaksanaan kegiatan lapangan seringkali civitas akademika berhubungan langsung dengan masyarakat. Interaksi tersebut akan dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan terutama keterampilan praktis di bidang Biologi. Berbagai pelatihan keterampilan yang dimiliki oleh para dosen maupun mahasiswa akan ditransfer kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

 

Kegiatan yang diawali dengan Pembukaan oleh Pimpinan Fakultas FMIPA Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si selaku Dekan mengatakan  kegiatan tersebut diharapkan selain menjadi wadah bagi para dosen dalam melaksanakan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat juga akan mampu memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa pada khususnya untuk tetap concern terhadap kondisi suatu lingkungan terutama terkait dengan pengembangan wilayah tersebut serta memupuk jiwa solidaritas dan kerjasama antar sesama. Di lain pihak mahasiswa akan memperoleh pengembangan wawasan, keilmuan dan keterampilan yang sejalan dengan kebutuhan lingkungan.

Dasar Pelaksanaan kegiatan ini sebagai perwujudan atas :

  1. Tri Dharma Perguruan Tinggi
  2. Visi dan Misi Universitas Negeri Gorontalo
  3. Program Kerja Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNG
  4. Program Kerja Pengurus HMJ Biologi FMIPA UNG
  5. Rapat Panitia Pelaksana

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud :

  1. Pembekalan materi pengenalan tentang alam sebagai laboratorium makro bagi mahasiswa Biologi semester 1.
  2. Pengembangan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat.
  3. Perwujudan pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi baik oleh dosen dan mahasiswa

 

 

 

 

 

Agenda

16 Agustus 2021

PKKMB JURUSAN BIOLOGI

Membangung Generasi Scientist yang berjiwa aktif dan produktif dimasa Pandemi

21 Juli 2021

Pembekalan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

Meningkatkan Kompetensi Hard Skill Lulusan

3 Juli 2021

WEBINAR BIOLOGI

Seminar Nasional "Sektor Energi dan Konservasi Jasa Lingkungan di Kabupaten Banggai dalam Pengembangan Kawasan Teluk Tomini"

29 Juni 2021

Workshop Kurikulum

Pengembangan Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNG yang mendukung program kerja sama kurkulum implementasi MBKM