Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo Sukses Gelar Workshop " Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka"

Oleh: Ilyas H. Husain . 22 Desember 2020 . 08:54:11

Kompetisi global saat ini menuntut kemampuan dan keahlian sumber daya manusia yang tidak hanya bertumpu pada kemampuan menulis, membaca, dan berhitung. Selain kemampuan tersebut, SDM harus berkemampuan higher order mental skills yaitu kemampuan dalam bidang humanities (kemanusiaan), communities (interaksi komunitas) dan desain. SDM yang berkualitas juga dituntut untuk memiliki ketrampilan kepemimpinan, bekerjasama dalam tim, beradaptasi secara cepat, berjiwa enterpreners, dan berkemauan kuat untuk long life learning.

Untuk menyiapkan lulusan yang berkompeten yang siap berkompetisi secara global dan siap pada dunia kerja saat ini, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo menyelenggarakan “Workshop kurikulum merdeka belajar kampus merdeka”

 

Kebijakan MBKM merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Mahasiswa selama 1 semester atau setara dengan 20 sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada PT yang sama; dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di PT yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di PT berbeda; dan/atau pembelajaran di luar PT.

Pada workshop kurikulum kali ini dilaksanakan secara Daring, selain dua Pimpinan Program Studi (Prodi) Yakni Dr. Margaretha Solang M.Si selaku Kaprodi Pendidikan Biologi dan Dr. Yuliana Retnowati, M.Sc Selaku Kaprodi Biologi yang memaparkan secara langsung isi kurikulum, Jurusan Biologi turut melibatkan stakeholder, Guru, Kepala Sekolah, Lembaga Instansi, NGO, dan mitra KMBKM. dan juga melibatkan Narasumber sebagai pakar penelaah isi kurikulum Merdeka belajar Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo yang juga sebagai sekertaris Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) Ibu Murni Ramli, S.P, M.Si.,Ed.D.

 

Agenda

16 Agustus 2021

PKKMB JURUSAN BIOLOGI

Membangung Generasi Scientist yang berjiwa aktif dan produktif dimasa Pandemi

21 Juli 2021

Pembekalan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

Meningkatkan Kompetensi Hard Skill Lulusan

3 Juli 2021

WEBINAR BIOLOGI

Seminar Nasional "Sektor Energi dan Konservasi Jasa Lingkungan di Kabupaten Banggai dalam Pengembangan Kawasan Teluk Tomini"

29 Juni 2021

Workshop Kurikulum

Pengembangan Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNG yang mendukung program kerja sama kurkulum implementasi MBKM