Latih Skill Fotografi Mitra GEF-SGP Fase 7 Wilayah Gorontalo, Pusat Studi Biosfer Ikuti Pelatihan

Oleh: Ilyas H. Husain . 12 Mei 2024 . 09:50:08

GEF SGP (Global Environment Facility - Small Grants Programme) adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendukung proyek-proyek kecil yang berfokus pada pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di berbagai negara di seluruh dunia. Ada pun sasaran utama yang akan dicapai dari GEF SGP-7 adalah meningkatnya ketahanan sosial- ekologis lewat inisiatif berbasis komunitas di empat bentang alam terpilih, baik dari segi bentang darat (landscape) maupun bentang laut (seascape). Keempat bentang alam terpilih adalah Daerah Aliran Sungai Bodri, Jawa Tengah, Daerah Aliran Sungai Balangtieng, Sulawesi Selatan, Suaka Margasatwa Nantu dan wilayah Taman Hutan Raya Gorontalo, Gorontalo, dan Pulau Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

PKEPKL sebagai Lembaga payung wilayah kerja Gorontalo membantu proses pendokumentasian kegiatan yang dilakukan oleh mitra GEFP SGP Fase 7 wilayah kerja Gorontalo. Pendokumentasian kegiatan memungkinkan untuk menciptakan arsip visual yang berisi informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan. Melalui dokumentasi yang komprehensif, tim proyek dan pihak terkait dapat mengevaluasi keberhasilan proyek, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan belajar dari pengalaman yang telah dilalui. Selain itu, Dokumentasi kegiatan memberikan sarana untuk berkomunikasi dan berbagi informasi tentang proyek kepada berbagai pihak, termasuk pemangku kepentingan, donor, dan masyarakat luas.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gorontalo, pada tanggal 11 sampai 12 Mei 2024 ini diikuti oleh Delapan Mitra yakni PSB Biosfer, Inhides, AJI Gorontalo, WIRE G, LP3M Universitas Gorontalo, Marsudi Lastantun, PS ESDM UNG, Agraria Insitute, serta PKEPKL selaku lembaga Host Program yang masing-masing mengutus 2 orang ditiap mitranya berlangsung dengan baik hingga proses praktiknya yang dilaksanakan dikawasan kota tua Kota Gorontalo. PSB_ Biosfer Sendiri diikuti ilyas Husain sebagai koordinator Pusat Studi, dan Muhajir selaku Co program GEF-SGP Fase 7.

Keluaran yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah Para mitra-mitra GEF SGP Fase 7 terkhusus mitra Gorontalo mampu menguasai keterampilan teknis dalampenggunaan peralatan fotografi seperti kamera, lighting, dan editing software. Memahami konsep dasar dalam pengambilan gambar/ foto. Serta mengasah kemampuan mitra dalam menceritakan cerita melaluigambar dan suara (narasi visual).

 

Agenda

16 Agustus 2021

PKKMB JURUSAN BIOLOGI

Membangung Generasi Scientist yang berjiwa aktif dan produktif dimasa Pandemi

21 Juli 2021

Pembekalan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

Meningkatkan Kompetensi Hard Skill Lulusan

3 Juli 2021

WEBINAR BIOLOGI

Seminar Nasional "Sektor Energi dan Konservasi Jasa Lingkungan di Kabupaten Banggai dalam Pengembangan Kawasan Teluk Tomini"

29 Juni 2021

Workshop Kurikulum

Pengembangan Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNG yang mendukung program kerja sama kurkulum implementasi MBKM