Program Studi Biologi UNG Ikuti Monev Hibah MBKM

Oleh: Ilyas H. Husain . 26 Oktober 2021 . 10:51:07

Dalam rangka mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2021 melaksanakan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM. Untuk tahun anggaran 2021, Universitas Negeri Gorontalo memperoleh bantuan untuk empat program studi yaitu S1 Biologi, S1 Pendidikan Teknik Mesin, S1 Pendidikan Teknik Informasi, dan S1 Peternakan.

Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, pada hari Selasa, 26 Oktober 2021 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM yang dilaksanakan secara Luring bertempat di Room Meeting Rektorat Universitas Negeri Gorontalo.

Universitas Negeri Gorontalo dipilih oleh Ditjen Pembelajaran Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbud Ristek sebegai tempat pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pemenang hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Tim Belmawa mendatangi langsung UNG, dan melakukan Monev terhadap 73 perguruan tinggi pemenang hibah MBKM. Ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi UNG. Tim Monev dari Kementerian ini disambut oleh rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, MT dan wakil rektor I UNG, Dr. Harto Malik, M.Hum.

Ketua panitia pelaksana, Dr. Lilan Dama, M.Pd yang Juga selaku Ketua Jurusan Biologi menyampaikan bahwa, UNG sendiri ada empat prodi yang menang dalam hibah MBKM yaitu, S1 Biologi, S1 Pendidikan Teknik Mesin, S1 Pendidikan Teknik Informasi, dan S1 Peternakan. "Pelaksanaan Monev program bantuan kerjasama kurikulum dan implementasi MBKM. Ini menjadi satu kebanggan bagi kita di UNG, dimana pelaksanaan Monev dipusatkan di UNG.

Kegiatan monev diisi dengan paparan prodi penerima bantuan dan diskusi yang konstruktif bersama pemonev. Tim MBKM Prodi Biologi menjelaskan hasil pelaksanaan program dengan tingkat ketercapian/keberhasilan kegiatan sesuai dengan luaran berupa (1) Dokumen kurikulum program studi yang mendukung implementasi program MBKM; (2) Dokumen kerja sama kurikulum antara program studi dengan mitra/pihak lain yang berkaitan dengan pelaksanaan MBKM; (3) dokumen lain (Surat Keputusan Pimpinan perguruan tinggi, dan prosedur operasional baku/panduan) yang menunjang implementasi MBKM; dan (4) Implementasi pelaksanaan kegiatan MBKM khususnya pembelajaran di Luar program studi dan perguruan tinggi minimal tiga bentuk kegiatan pembelajaran (Riset, Magang, pertukaran pelajar). 

Selain itu Tim MBKM menyampaikan (1) kekuatan/kelebihan pelaksanaan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM; (2) kendala-kendala/hambatan dalam pelaksanaan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM; (3) pengalaman baik yang didapatkan dari pelaksanaan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM; dan (4) rencana keberlanjutan setelah program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM selesai.

Secara keseluruhan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM yang dilaksanakan secara Luring berjalan dengan baik. Baik S1 Biologi, S1 Pendidikan Teknik Mesin, S1 Pendidikan Teknik Informasi, dan S1 Peternakan. memperoleh masukan-masukan yang sangan konstruktutif untuk menyelesaiakan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM. 

 

 

 

 

Agenda

16 Agustus 2021

PKKMB JURUSAN BIOLOGI

Membangung Generasi Scientist yang berjiwa aktif dan produktif dimasa Pandemi

21 Juli 2021

Pembekalan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

Meningkatkan Kompetensi Hard Skill Lulusan

3 Juli 2021

WEBINAR BIOLOGI

Seminar Nasional "Sektor Energi dan Konservasi Jasa Lingkungan di Kabupaten Banggai dalam Pengembangan Kawasan Teluk Tomini"

29 Juni 2021

Workshop Kurikulum

Pengembangan Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNG yang mendukung program kerja sama kurkulum implementasi MBKM